Kamis, 03 Maret 2016

ALAT PERAGA BANGUN RUANG


Nama Alat Peraga   : ULTRA 3D (Ular Tangga Dimensi 3)
Pokok Bahasan      : Bangun Ruang

A. CARA MEMBUAT ALAT PERAGA ULTRA 3D
    Cara membuat alat peraga ULTRA 3D (Ular Tangga Dimensi 3) tidak lah sulit dan bahan yang adalah benda yang sering kita temui di sektar kita.


1.Alat dan Bahan
       a. Alat
             1. Gunting
             2. Penggaris 
             3. Spidol warna
             4. Pensil
             5. Solatip, lem kertas, dan doubletip
             6. penghapus
       b. Bahan
               1. Sterofoam
               2. Kertas Origami
               3. Korek Api Batangan
               4. Gambar Bangun Ruang
               5. Kertas Karton
               6. Gabus
2. Cara membuat ULTRA 3D
 1. Tempat Permainan :
1. Siapkan satu buah sterofoam.
2. Ukurlah karton sesuai dengan ukuran sterofoam.
3. Gunting Karton.
4. Lem setiap ujung karton menggunakan doubletip, lalu tempel rapi sesuai ukuran sterofoam.

2. Papan permainan:
1. Ukur Panjang dan Lebar Sterofoam.
2. Sesuaikan potongan kertas origami dengan panjang dan lebar dari sterofoam tersebut. Lalu gunting,
3. Tempel dengan menggunakan doubletip potongan-potongan origami di karton yang melekat pada sterofoam dengan rapi.
4. Siapkan berbagai macam gambar bangun ruang (kubus, balok, limas, tabung, bola, prisma, kerucut).
5. Tempet gambar-gambar bangun ruang pada kertas origami yang telah melekat di kertas origami.
6. Setelah tertata rapi, siapkan korek api untuk  membuat tangga. Lalu sesuaikan panjang tangga yang akan dibuat. Susun rapi ke kotak yang tepat. Lalu lem korek api dengan menggunakan lem di kertas origami.
7. Untuk membuat ular, bisa menggunakan kertas HVS atau origami. Bentuk dengan menggulung kertas hingga membentu seperti ular. Beri warna berupa garis-garis pada kertas yang telah digulung tersebut. Lalu tempel dengan menggunakan lem pada kotak-kotak yang telah tersedia.

3. Pion
Pion yang digunakan bisa dengan menggunakan tuspin atau dengan miniatur boneka plastik yang dapat berdiri tegak.

B. pETUNJUK pENGGUNAAN ALAT PERAGA
Cara bermain alat peraga ini tidak jauh berbeda dengan permainan ulartangga pada umumnya. Perbedaannya disini adalah dadu yang digunakan bukan seperti dadu biasanya yang terdapat angka 1-6, tapi disini keenam sisi dadu tersebut ditambahkan tulisan pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa mengenai bangun ruang, yaitu jumlah sisi, jumlah rusuk, rumus volume, ciri-ciri, contoh benda, dan jaring-jaringnya. Dan arena bermainnya dibuat menjadi gambar bangun datar seperti bola, tabung, kubus, balok, prisma, limas, dan kerucut. Jadi saat pelemparan dadu, yang akan kita dapatkan adalah pertanyaan bangun ruang beserta berapa angka kita akan melangkah ke setiap kotak. Nah dari pertanyaan tersebut maka kita harus mampu menjawabnya, kita akan menyesuaikan dengan bangun ruang yang kita dapatkan dari pelemparan langkah di kotak ulartangga.
     Contoh : Ketika salah satu pemain melempar dadu, dan dadu tersebut menunjukan angka 3 yang menyatakan rumus volume  maka pemain harus menempatkan pionnya pada kotak nomor 3, dan sesuai dengan bangun datar yang terdapat pada kotak nomor 3 pemain harus menjawab apa rumus volume dari bangun datar tersebut.
Berikut ini beberapa aturan permainan alat peraga ini:
  • Pemain boleh 2 atau 3
  • Yang berhak untuk lebih dahulu memulai permainan ditentukan melalui pelemparan dadu oleh para pemain. Pemain yang lemparan dadu dengan angka tertinggilah yang berhak bermain duluan.
  • Pemain dimulai dengan pelemparan dadu oleh pemain pertama diikuti oleh pemain selanjutnya
  • Jalur permainan dimulai dari kotak GO!! Dan Berakhir di kotak FINISH!!
  • Dalam arena pemain dapat ditemukan kotak dengan ular atau tangga.
  • Gambar ular artinya apabila pion pemain berada pada ekor ular maka harus diturunkan pionnya pada gambar kepala ular.
  • Gambar Tangga artinya pion pemain di naikkan berdasarkan gambar tangga yang terdapat pada arena permainan.
  • Jika terdapat dua pion yang berada pada satu kotak yang sama, maka pemain yang    pionnya lebih dulu berada di kotak tersebut harus mengulang permainan dari awal.
  • Pemain yang sampai dulu di kotak finish adalah pemenangnya.
Korelasi Dengan Buku Paket
Alat Peraga ini menunjang buku paket matematika untuk SMP jilid 3,4,5,6.
Dan dibawah ini adalah video mengenai alat peraga bangun ruang yaitu ULTRA 3D. selamat menyaksikan…:):):)


6 komentar:

aisyah turidho on 4 Mei 2016 pukul 10.44 mengatakan...

Susunan blognya bagus tapi kalau menurut saya cara pembuatan dan cara penggunaan alat peraganya di gabung aja, jangan di pisah di laman yg berbeda sebab kan itu masih satu topic tentang alat peraga "3D" kalian. Semangat terus atika 😇

Unknown on 5 Mei 2016 pukul 06.21 mengatakan...

setujuh sama kak icha. :D

Unknown on 5 Mei 2016 pukul 06.28 mengatakan...

setuju nih sama aisyah, soalnya kan masih satu pokok pembicaraan jadi digabung aja biar pembaca tidak bingung :)

Atikarani on 6 Mei 2016 pukul 06.45 mengatakan...

Terima kasih untuk sarannya...

hanifa zulfitri on 6 Mei 2016 pukul 08.23 mengatakan...

alat peraganya kreatif tika, jadi kita bisa belajar sambil bermain deh hehe...

Unknown on 6 Mei 2016 pukul 10.35 mengatakan...

blog nya menarik dan kreatif sekali tika,, dan isi dari blog tika juga bagus .. semangat terus tika^^

Posting Komentar

 

MATHEMATICS IS FUN Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template