Nama Sekolah: SMP N 2 Muara Enim
Mata Pelajaran: Matematika
Kelas/Semester: VII/ Semester Ganjil
Materi Pokok: Teorema Pythagoras
Alokasi Waktu: 2 pertemuan (4 x 40 menit)
1. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
KD
|
INDIKATOR
|
3.6 memeriksa kebenaran teorema Pythagoras
dan tripel Pythagoras
|
3.6.1 Mengidentifikasi tiga
bilangan yang merupakan Tripel Pythagoras
3.6.2 Menghitung panjang salah satu sisi segitiga siku-siku jika dua sisi
diketahui
|
4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras
|
4.6.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan teorema Pythagoras
4.6.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
|
2. TUJUAN PEMBELAJARAN
NO INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
3.6.1
|
1. Melalui diskusi kelompok Siswa dapat mengidentifikasi tiga bilangan yang diberikan merupakan
Tripel Pythagoras dengan pemahaman konsep
teorema pythagoras
|
3.6.2
|
2. Melalui diskusi kelompok Siswa dapat menghitung
panjang salah satu sisi segitiga siku-siku jika dua sisi
diketahui
|
4.6.1
|
3. Melalui diskusi kelompok Siswa dapat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
|
4.6.2
|
4. Melalui diskusi kelompok Siswa dapat memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
|
3. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pertemuan pertama
No
|
Struktur isi
|
Yang ada dalam pembelajaran
|
1.
|
Fakta
|
Symbol variable
|
2.
|
Konsep
|
Pengertian segitiga
|
3.
|
Prinsip dan aturan
|
Dalil phytagoras
|
4.
|
Prosedur
|
·
Mengidentifikasi tiga bilangan yang
merupakan Tripel Pythagoras
·
Menghitung panjang salah satu sisi segitiga
siku-siku jika dua sisi diketahui
|
2. Pertemuan kedua
No
|
Struktur isi
|
Yang ada dalam pembelajaran
|
1.
|
Fakta
|
Symbol variable
|
2.
|
Konsep
|
Pengertian segitiga
|
3.
|
Prinsip dan aturan
|
Dalil phytagoras
|
4.
|
Prosedur
|
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
teorema Pythagoras
·
Memecahkan masalah
pada bangun datar yang
berkaitan
dengan teorema Pythagoras
|
4. METODE PEMBELAJARAN
A. Pendekaran : Saintifik
B. Model pembelajaran: Kooperatif
C. Metode Pembeajaran: penemuan, diskusi kelompok,
persetasi, dan pemberian tugas
5. MEDIA PEMEBELAJARAN
Power point
6. SUMBER BELAJAR
- As'ari, A. R., dkk.
(2014). Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
- Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
7. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
7.1 kegiatan pembelajaran pertemuan pertama
Tahap
|
Fase
|
Kegiatan
|
Kegiatan Pendahuluan
(10 Menit)
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
-
Guru menjelaskan manfaat
materi Teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari – hari.
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dari materi Teorema Pythagoras.
|
Kegiatan Inti
(50 menit)
|
1. Menyajikan Informasi
2. Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok – kelompok
belajar.
3. Membimbing kelompok belajar dan bekerja.
4. Evaluasi
|
1.1 Guru menjelaskan informasi awal mengenai Teorema
Pythagoras
2.1
Siswa dikondisikan dalam kelompok yang heterogen.
3.1 Guru
membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mengenai materi pembuktian teorema Pythagoras dan tripel pythagoras.
3.2 Guru
menjelaskan gambaran kegiatan yang akan di kerjakan oleh siswa.
3.3 Siswa
mengisi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan bertanya kepada guru jika
mengalami kesulitan dalam mengisi LKPD.
4.1 Guru
meminta perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasi hasil diskusi kelompok
mereka mengenai LKPD yang telah diberikan.
4.2 Siswa
memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi dari kelompok lain.
4.3 Guru
memberikan soal tertulis untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi teorema Pythagoras dan tripel pythagoras
|
Penutup
(20 Menit)
|
Memberikan penghargaan
|
-
Siswa dan Guru bersama –
sama menyimpulkan tentang konsep teorema pythagoras.
-
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai tertinggi berupa pujian
terhadap kegiatan dan hasil kerja siswa.
-
Guru memberikan tugas
berupa beberapa soal mengenai teorema Pythagoras dan tripel pythagoras
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
7.2 kegiatan pembelajaran pertemuan kedua
Tahap
|
Fase
|
Kegiatan
|
Kegiatan Pendahuluan
(10 Menit)
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
-
Guru menjelaskan manfaat
materi Teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari – hari.
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dari materi Teorema Pythagoras.
|
Kegiatan Inti
(50 menit)
|
1. Menyajikan Informasi
2. Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok – kelompok
belajar.
3. Membimbing kelompok belajar dan bekerja.
4. Evaluasi
|
1.1 Guru menjelaskan informasi awal mengenai Teorema
Pythagoras
2.1
Siswa dikondisikan dalam kelompok yang heterogen.
3.1 Guru
membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mengenai materi menghitung
panjang salah satu sisi
segitiga siku-siku, masalah
yang berkaitan dengan teorema Pythagoras, dan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan teorema Pythagoras.
3.2 Guru
menjelaskan gambaran kegiatan yang akan di kerjakan oleh siswa.
3.3 Siswa
mengisi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan bertanya kepada guru jika
mengalami kesulitan dalam mengisi LKPD.
4.1 Guru
meminta perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasi hasil diskusi kelompok
mereka mengenai LKPD yang telah diberikan.
4.2 Siswa
memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi dari kelompok lain.
4.3
Guru memberikan soal tertulis untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi menghitung
panjang salah satu sisi segitiga siku-siku, masalah yang berkaitan dengan
teorema Pythagoras, dan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan teorema Pythagoras.
|
Penutup
(20 Menit)
|
Memberikan penghargaan
|
-
Siswa dan Guru bersama –
sama menyimpulkan tentang teorema pythagoras.
-
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai tertinggi berupa pujian
terhadap kegiatan dan hasil kerja siswa.
-
Guru memberikan tugas
berupa beberapa soal mengenai menghitung panjang salah satu sisi segitiga
siku-siku, masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras, dan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan teorema
Pythagoras.
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
0 komentar:
Posting Komentar